Exception Handling pada Python

Secara umum, terdapat dua jenis error pada program. Pertama adalah compile error dan kedua adalah runtime error. Compile error diatasi dengan membetulkan sintaks yang salah sebelum program dieksekusi kembali. Sedangkan runtime error adalah error yang terjadi ketika aplikasi sudah berjalan. Sehingga, harus dilakukan penanganan yang biasa disebut exception handling.

Pada Python, exception handling sederhana bisa dilakukan dengan sintaks try-except. Format sintaksnya adalah sebagai berikut.

# jalankan instruksi program
try:
  instruksi
 
# jika terjadi kesalahan pada saat aplikasi sudah berjalan
# blok program ini yang dijalankan
except:
  instruksi

Pada sintaks except juga bisa dilengkapi dengan jenis error yang ditentukan secara spesifik. Misalnya except KeyboardInterrupt berarti penanganan kesalahan ketika terjadi interrupt oleh keyboard yang biasanya dipicu oleh penekanan tombol Ctrl+C (pada sistem operasi Linux). Contoh penanganan exception ini adalah operasi pembagian dengan 0.

#!/usr/bin/env python
 
try:
  i = 5/0
except:
  print "Division by zero"

Output dari program tersebut adalah “Division by zero”. Secara sintaksis, program di atas sudah benar. Namun, terdapat kesalahan operasi pembagian dengan 0 sehingga yang dieksekusi adalah baris di bawah blok except. Jika tidak dilengkapi dengan try-except, output dari program adalah pesan error sebagai berikut: “ZeroDivisionError: integer division or modulo by zero”.

Selamat mencoba dan kembangkanlah teknik try-except sederhana ini -_-.

October 4, 2012

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>